Selasa, 10 November 2009

BIOENERGI ADJUSTMENT (PENYESUAIAN ENERGI HIDUP)

Dalam berbagai sifat spiritual ataupun rohani, adjustment dipahami dalam beragam makna. Secara sederhana, penyesuaian (adjustment) dapat dipahami sebagai suatu proses. Setiap orang pasti pernah menjalani penyesuaian dalam makna duniawinya, dalam berbagai bentuk dan cara. Misalnya saja pengalaman seseorang yang tidak bisa berenang, namun diminta langsung berenang di sungai atau laut. Ia tidak tahu apa yang akan terjadi pada dirinya, entah terapung, atau justru akan tenggelam. Namun, adjustment yang dimaksud disini adalah dalam makna spiritual, dilakukan jika seseorang tidak memahami ajaran-ajaran agama, kepercayaan, pandangan-pandangan dan ide-ide masalah spiritual, merasa bahwa ia harus menempuh jalan yang tidak ia ketahui arahnya. Namun jalan penyesuaian ini memang dirasakan sangat sulit apabila masih terikat dengan kehidupan duniawi, yang masih terbelenggu dengan ego.

Bioenergi Adjustment
Secara metafisik, penyesuaian terdiri atas dua belas jenis yang terbagi menjadi empat tahap seperti di bawah ini :
 Tahapan Pertama
Tahap ini dilakukan dengan bantuan seorang pembimbing yang sering disebut sebagai mursyid (dunia sufi), guru (secara Vedanta), atau master (di Bioenergi). Seorang master merupakan orang yang hidup di dunia, sama seperti manusia yang lain, beraktifitas di tengah-tengah masyarakat, serta mengalami pula kesusahan dan kesulitan duniawi. Bantuan seorang master merupakan langkah utama yang terpenting, apalagi bagi mereka yang ingin memanfaatkan Bioenergi secara maksimal. Hal ini dikarenakan Bioenergi dapat mempengaruhi seluruh aspek kehidupan manusia, baik secara jasmani, rohani, mental, emosional, sosial, ekonomi, dan spiritual.
 Tahapan Kedua
Penyesuaian pada tahap ini adalah beragam ujian yang meliputi ujian keimanan, kepercayaan, dan kesabaran yang secara alamiah muncul ke permukaan kehidupan seseorang, dan ini harus dipahami secara lahir dan batin.
 Tahapan Ketiga
Ada tiga penyesuaian dalam tahapan ini, yaitu menerima pengetahuan dengan penuh perhatian, bersyukur terhadap semua yang ia terima dengan sabar, dan mengasimilasi hasilnya dengan cerdas.
 Tahapan Keempat
Pada tahapan ini, para praktisi Bioenergi akan memperoleh hasil dari yang diidealkannya. Dan siapa yang menjadi ideal, siapa yang memberi penyesuaian? Hal ini akan terjawab di suatu saat, namun tidak selamanya.

1 komentar: